June 16, 2019
  • 1:44 am CSGO Offline: Cara Mengunduh, Menginstal & Spesifikasi PC
  • 10:03 pm 5 Gadget Unik & Inovatif yang Harus Anda Miliki di 2019
  • 9:48 pm Waspada! WhatsApp Disusupi oleh Spyware dari Israel
  • 9:37 pm PUBG Mobile Map: Semua Hal yang Harus Anda Ketahui
  • 11:58 am 5 Game Ponsel Yang Cocok untuk Menunggu Bedug
Waspada! WhatsApp Disusupi oleh Spyware dari Israel

Beberapa hari yang lalu, pengguna aplikasi obrolan WhatsApp yang populer khawatir tentang masalah spyware dari Israel yang dapat menyusup melalui fitur obrolan WhatsApp. Menurut penjelasan 9to5Mac pada hari Selasa, 14 Mei 2019, spyware yang dimaksud dibuat oleh perusahaan Israel bernama NSO Group, yang menginfeksi melalui fitur ponsel WhatsApp pada versi Android dan iOS.

Tidak banyak informasi dapat diperoleh dari celah yang menyerang salah satu aplikasi obrolan terbaik. Tetapi yang perlu Anda waspadai adalah bahwa spyware masih dapat menyusup bahkan jika panggilan masuk tidak terjawab. Bahkan dalam beberapa kasus, panggilan telepon yang tidak terjawab dapat hilang dari log panggilan, sehingga pengguna WhatsApp tidak akan mengetahui panggilan tersebut.

Perbarui spyware Whatsapp Israel

"Serangan ini dilakukan oleh sebuah perusahaan swasta yang diketahui sering dikontrak oleh pemerintah untuk mengirim spyware yang dikatakan dapat mengambil alih fungsi sistem operasi seluler. Kami telah memberi tahu sejumlah organisasi hak asasi manusia yang kami tahu, sehingga mereka dapat menyebar ke komunitas lain, "kata perwakilan WhatsApp dalam sebuah pernyataan.

Melalui pernyataan itu, perwakilan WhatsApp juga tidak dapat mengkonfirmasi berapa banyak pengguna yang terpengaruh oleh serangan ini. Seperti diketahui, pengguna aplikasi obrolan Facebook telah mencapai 1,5 miliar pengguna. Karena itu, sebagai bentuk pencegahan, pengumuman resmi Badan Siber dan Kata Sandi Negara (BSSN) mengimbau kepada pengguna WhatsApp untuk memperbarui ke versi terbaru.

Pengguna seluler dengan sistem operasi Android yang menggunakan WhatsApp versi v2.19.134 dan WhatsApp Business versi v.2.19.44 untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru, serta pengguna ponsel iPhone yang menggunakan WhatsApp versi v21.19.51 dan WhatsApp Business versi V.2.19 0,51 untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Untuk jenis pengguna ponsel lainnya, pembaruan aplikasi terperinci dapat dilihat dari infografis berikut.

Aplikasi obrolan Israel Spyware WA

Selain memanggil pengguna WhatsApp untuk memperbarui aplikasi, BSSN juga menyatakan bahwa pada 13 Mei 2019, Facebook telah mengeluarkan banding mengenai Kode Keamanan Eksekusi Kode Jarak Jauh (RCE) CVE-2019-3568 pada aplikasi WhatsApp.

"Celah keamanan ini memungkinkan penyerang untuk mengeksploitasi fungsi panggilan telepon di WhatsApp untuk menghubungi celah target dan kemudian menginstal malware dari jarak jauh," kata BSSN, Kamis (15/5/2019).

"Selalu perbarui aplikasi lain juga, karena secara umum pembaruan mengandung perbaikan untuk masalah keamanan yang sangat penting untuk mencegah eksploitasi lubang keamanan pada aplikasi yang kita gunakan," perintah BSSN.

Sebagai informasi, Spyware adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk memonitor dan memata-matai aktivitas pengguna internet. Sementara itu, NSO Group adalah produsen peralatan mata-mata seperti Pegasus dan menjajakannya ke banyak pemerintah di seluruh dunia sebagai alat untuk memerangi kejahatan dan terorisme.

admin

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT